Tuesday, July 24, 2018

Nafas Albums


NAFAS

Ulasan ini merupakan sebuah tangkapan pemikiran dari jejak (penulis).
 Nafas…. Jika manusia masih bernafas, maka nikmat sejatinya dia hidup, Jika manusia tidak lagi bernafas, maka nikmat sejatinya dia mati. Nafas dalam makna hidup yang luas adalah jauh dimulai sebelum terbentuknya iblis, jin, hewan, manusia Adam diciptakan serta mahluk seisinya sampai manusia kembali ke asalnya.

“Nafas untuk kembali”

Bismillahirrohmanirrohim… Dengan Ridho Alloh SWT untuk hidup, (saya) rilis sebuah karya Instrumental yang berjumlah 10 karya, juga Saya coretkan sebuah tulisan serta pesan dari setiap isi karya. 

Selamat menikmati karya anak bangsa,
INDONESIA.

00:24 WIB - 24/01/2018





Nafas Album*

#atmosphericindonesian

Album ini berisi 10 karya Instrumental, Simak deskripsi singkatnya di bawah ini:

1.  Anthem
Dimana hidup dan mati sudah ditakdirkan adanya. 
Hanya “NAFAS”
yang akan menyelamatkanmu, 
Bernafaslah.

2.  Dyna
Dyna adalah sebuah bentuk kebangkitan diri dari keterpurukan realita dalam menemukan apa itu arti yang sebenarnya. Pemahaman ini diwujudkan dalam bentuk cerita dalam video klip Dyna yang nantinya bisa dinikmati jejak kisahnya. Dalam cerita ini di umpamakan seseorang yang terjebak dalam sebuah lingkup yang sebenarnya dalam dirinya dia tidak tau apa itu. Sampai pada waktu ketika dirinya benar-benar tidak tau lagi akan berbuat apa. Pemikiran ini terus membuat dia harus segera survive dalam kondisi apapun. Entah melalui Ilham seperti apa dia akhirnya terjebak dalam dunia yang benar. Benar dalam arti ini adalah hidup, berpikir hidup, waras tanpa ada keterpaksaan. “NAFAS” mampu memberikan energinya yang hilang menjadi kembali bangkit dari kekeliruan yang fana. 
Pilihan itu harus terjadi untuk keseimbangan. Kepekaan itu teruji ketika dihadapkan oleh sebuah pilihan. 
Memilih hidup atau mati.

3. Hey Risa (Instrumental Version)
SAMS FEAT JOVAN YUDISTIRA
Karya instrumental Hey Risa dalam album “NAFAS” adalah lagu Recycle dari album pertama “INDIEPENDEN” featuring (Alm) Noveri Eko Purnomo dengan Jovan Yudistira Gitaris band From This Accident. Sebuah experimen baru mewujudkan lagu berlirik menjadi instrumental gitar ber - atmosphere Post rock dipadu EDM. Nada yang ditimbulkan Gitaris Jovan Yudistira mampu menembus batas imaji menuju ke satu titik puncak dimana sejatinya makna hidup itu tinggal. dalam bahasa jawa “Manunggal ing roso, Manunggal ing jiwo” Revolusi karya ini mengingatkan saya setiap kali membawakannya terhadap sosok Alm Noveri yang sangat menginspirasi dalam dunia sosial. Sosok Alm mampu membawakan karya ini menjadi hidup layaknya “NAFAS”. tidak ada yang mati kecuali jasad. Jiwamu akan selalu hidup dalam memori kami.
Spesial karya untukmu “Man”.
(Alm Noveri Eko Purnomo)

4. Hiro

Judul Hiro diambil dari sebuah nama gitar yang saya pakai. Hiro merupakan perwujudan karya dari perjalanan musik yang saya jalani. Perjalanan dari awal menemukan sosok, hingga penyelaman menuju kedasar intisari suatu karya. Hiro banyak mengantarkan keberbagai dimensi yang mampu menembus batas nalar saya. seraya imaji terus berproses, peran Hiro sangat membantu saya dalam penciptaan karya. Bahkan di album pertama “INDIEPENDEN” Hiro turut ikut serta dibalik layar maupun di depan layar. Album ke dua “NAFAS” Hiro sangat dominan mengisi nada setiap representasi sebuah unsur atmosphere album ini, Jauh menyelam mengantarkan pemikiran ini. Unsur Ambient, EDM, bahkan Postrock mampu dimasuki Hiro secara luas. Kebebasan ini terasa lekat dengan diri saat kami menyatu. Penyatuan Hiro dengan saya mampu memberikan energi besar dalam mengantarkan karya yang sangat sulit untuk dipahami ini menjadi lebih diterima secara akal sehat bahwa energi tersebut nyata adanya. Energi itu mampu menjadikan logika yang mati menjadi hidup seraya kita bernafas. Tidak sedikit yang bertanya apa arti Hiro? Hiro bukan arti, bukan sesuatu yang harus direpresentasikan, 

Hiro adalah Gitar.

5. In The Morning
Jangan sampai dirimu kehilangan pagimu, karena mata ini akan terbuka dalam gelap menuju terang saat pagimu datang. In The Morning, karya instrumental ini lebih berpihak kepada mereka yang mensyukuri hidup, setiap hembusan “NAFAS” adalah kemuliyaan Sang Maha Kuasa. Kepedulian menjadikan kita semakin mengerti akan wujud syukur setiap apa yang terjadi dalam diri kita. 
Temukan pagimu.
6. Rain In December
Hiruk pikuk kota dan ocehan tak penting yang kau dengar membuatmu terkontaminasi, sejenak kau meninggalkan semua itu. Selamat datang di ketenangan, kearifan, temaram didalam badan dan jiwa. “Rain In December” sebuah karya instrumental yang mengantarmu kesebuah tempat dimana dirimu hanya seorang, tak ada lagi. Keluar untuk mendapatkan sesuatu lewat petunjukNya. Maju merupakan sebuah gerak mutlak yang harus dilakoni, meski mundur juga adalah pilihan terbaik untuk keseimbangan. Hela “NAFAS”mu sampaikan pesan padaNya
Terimakasih.

7. Sekawan Waterfall
Pengalaman menarik ini sengaja diabadikan dalam bentuk tulisan wujud kejelasan sesuatu yang sulit untuk dipahami. Sekawan Waterfall adalah penerjemahan tangkapan nada di sebuah kondisi air terjun. Dimana lokasi bukan pada sisi air terjun melainkan di bagian hilir dekat air terjun tersebut jatuh. tangkapan kondisi ini saya rasakan seperti sebuah ketenangan sejati yang jarang untuk ditemukan. Sebuah hal berbeda rangsangan ini diubah menjadi bentuk responsif alam menjadi sebuah karya instrumental. Perwujudan ini perlu kondisi tertentu untuk dinalar, perlu penyelaman agar sampai pada tujuan. Ketenangan ini mewakili setiap nada yang terpilih sebagai kendaraan menuju kondisi sebenarnya. “NAFAS” telah berhasil mengantarkan saya kesebuah dimensi responsif suatu karya. keberhasilan itu ditandai dengan tidak adanya influence yang ada pada kepala. semuanya murni mengalir. 
menuju ke dimensi ketenangan melalui air.

8. Silence
Ada waktunya kita berdiam untuk menjaga keseimbangan hidup, ada saatnya diam untuk mengalah, diam untuk mengatur strategi, diam untuk ketenangan, diam untuk introspeksi, diam untuk diam, diam untuk hidup, diam untuk mati. Silence dimunculkan sebagai bentuk kondisi aspek-aspek tersebut. supaya kita semakin introspeksi dan mawas diri. siapa dirimu sebenarnya. siapa aku?
jawaban dari semua permasalahan ini tidak bisa dijelaskan secara tulisan, ulasan ini hanya bentuk gambaran. rasakan sendiri energi yang timbul oleh gesekan-gesekan setiap kejadian yang menyerang sisi psikologis dalam diri. apakah “NAFAS” mampu menyelamatkanmu? jangan biarkan sisi hitam menguasai sisi putihmu, tumbuhkan, pupuk hingga putihmu subur didalam jiwa. 
selamatkan jiwamu.

9. Whisper Town
SAMS FEAT TONE LIBRARY
Harapan dari manusia mengenai visi, misi dan apa yang kita percaya, semuanya mempunyai nilai yang berbeda - beda. Manusia melakoni hidup secara vertikal dan horisontal secara porsinya masing-masing. Imagi seorang manusia membentuk pola masing-masing untuk mencapai tujuannya, ada yang cepat, ada yang sedang, ada yang lambat, ada juga yang tidak sampai pada tujuan. 
Hal ini adalah porsi seimbang jika kita sadar.
Saling berkaitan dengan “NAFAS”.

10. Warm Winter
SAMS, JOVAN YUDISTIRA, ARTYOM KOTOV
Tak asing dengan kami sebenarnya, Kami adalah orang yang berjuang dalam ranah yang sama, Kami ber “NAFAS” ditempat yang sama. Meski dalam penggarapan single kami terkendala jarak, hal ini tidak menyurutkan niat kami untuk menggarap single Warm Winter. Jarak bagi kami bukan lagi hal mustahil di era sekarang ini. Setidaknya lagu ini membuktikan bahwa dengan musik siapapun dapat bersatu dalam perbedaan yang ada. Dengan senang hati "Akikato alias Artyom kotov, jika ada kesempatan waktu jangan sungkan-sungkan untuk datang ke indonesia. Mari kita bermain sepanggung dan salurkan energi kepada teman-teman disini.
Tak mudah mencari judul yang tepat dalam lagu ini, bahkan nama Band kami belum terpikirkan saat itu. Sela waktu saat Sams dan Jovan Ngopi disebuah warung, kita bersama-sama memikirkan judul apa yang tepat untuk project ini. Tanpa sengaja Jovan menemukan ide judul yaitu Warm Winter, yang artinya Sisi "Warm" terwakili oleh iklim panas yang hangat negara Indonesia dan sisi "Winter" mewakili iklim dingin dengan ditandai musim salju dinegara rusia, saat itu kemudian muncul juga nama Band "Blue and Yellow" yang artinya juga sama yaitu penggambaran sisi dingin (Blue) dan hangat (Yellow). Nama Band dan Judul lagu ini kemudian kami sepakati.



Author        : Sams
For contact : 081259576484 (WA)
IG               : @sams_tigabelas
Youtube      : Sams TigabelasTV
Fb              : Sams (Tigabelas)
Email         : syamsularifin11111@gmail.com



#atmosphericindonesian















No comments:

Post a Comment